Kenalan dengan PHPMyAdmin


Halo guys!!! Apa kabar semuanyaaa? Semoga sehat selalu!

PHPMyAdmin merupakan software gratis yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang dibuat untuk mengelola database MySQL melalui web. Saat ini, phpMyAdmin mensupport database MySQL dan MariaDB.

Sebelum ada phpMyAdmin (atau tools lain yang serupa), para pengelola database harus mengelola database melalui command line / terminal karena MySQL merupakan RDBMS yang tidak memiliki GUI. Semakin bertambahnya pengguna MySQL, memicu para pengembang untuk membuat aplikasi untuk manajemen MySQL dengan bantuan grafis atau GUI.

Tobias Ratschiller

PHPMyAdmin mulai dikembangkan sejak tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller, seorang konsultan IT. Ratschiller mengembangkan sebuah program yang diberi nama MySQL-WebAdmin. Program tersebut merupakan ciptaan Petrus Kuppelwieser yang dilanjutkan oleh Ratschiller. Ratschiller sendiri sudah meninggalkan phpMyAdmin sejak tahun 2001. Saat ini pengembangan phpMyAdmin dilakukan oleh tim pengembang yang dipimpin oleh Isaac Bennetch.

Apa saja fitur phpMyAdmin saat ini?

  • Interface web yang menarik
  • Support banyak fitur-fitur MySQL seperti manajemen akun dan privileges, procedures dan triggers, maintenance server, database dan table, dan lain-lain
  • Import data dari CSV dan SQL
  • Export data ke berbagai format, seperti CSV, SQL, XML, PDF, LaTex, dan lain-lain
  • Membuat query-query kompleks dengan bantuan Query By Example (QBE)
  • Mengelola banyak server
  • Mencari ke database secara global
  • dan banyak lagi fitur-fitur menarik...
Versi terbaru dari phpMyAdmin saat ini adalah 5.1.1 yang dirilis pada bulan Juni 2021. Untuk mengunduh phpMyAdmin, kamu bisa kunjungi https://www.phpmyadmin.net/ atau jika kamu melakukan pengembangan web dengan bantuan software XAMPP, kamu sudah mendapatkan phpMyAdmin dalam paket XAMPP.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya! Jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian!! Salam sehat!

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama