Bahasa Pemrograman Backend Populer yang Wajib Kamu Cobain!

Halo guys!!! Semoga semuanya sehat selalu ya!

Pengembangan aplikasi web dan mobile modern saat ini secara umum diklasifikasikan menjadi Frontend Development dan Backend Development. Berbicara mengenai Frontend development, biasanya akan muncul nama-nama yang umum disebut yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. 

Lalu, bagaimana dengan Backend? Mungkin teman-teman sudah sering mendengar bahasa pemrograman PHP. Atau mungkin teman-teman sudah terbiasa dengan PHP untuk pengembangan web. Apa saja bahasa pemrograman (selain PHP) di sisi backend yang populer saat ini? Simak daftar berikut yang Tips Ngoding kumpulin dari beberapa sumber.

Sumber: Lottiefiles/Mikhail Voloshin

1. JavaScript

Loh, tapi diatas disebutkan kalau JavaScript adalah bahasa pemrograman pada sisi Frontend? Jadi, JavaScript bisa digunakan di sisi Frontend maupun sisi Backend. JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini.

Logo JavaScript

Pada sisi Backend, penggunaan NodeJS mempengaruhi popularitas JavaScript sebagai bahasa pemrograman sisi Backend yang populer. Selain itu, membuat para programmer menjadi lebih mudah karena menggunakan bahasa yang sama pada sisi Frontend maupun Backend.

Framework JS populer: NextJS, Express, Mocha, dll.
Perusahaan yang menggunakan JS: Netflix, Uber, Paypal, LinkedIn


2. Python

Python diciptakan pada tahun 1991 oleh Guido van Rossum, seorang programmer asal Belanda. Python adalah salah satu bahasa populer yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya Backend Web, Internet of Things (IoT), Machine Learning, Data Science, dll. 

Python merupakan salah satu bahasa yang cepat, mudah digunakan, dan mudah untuk di deploy. Salah satu keuntungan menggunakan Python sebagai bahasa Backend adalah dukungan library-library standar yang sangat banyak yang membuat pekerjaan programmer menjadi sangat terbantu.

Framework Python populer: Django, Pyramid, Flask, dll.
Perusahaan yang menggunakan Python: Instagram, Spotify, Pinterest

3. Java

Java menjadi pilihan populer selanjutnya dalam daftar bahasa pemrograman backend yang wajib kamu cobain, nih! Java yang berbasis objek (object oriented) banyak digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi web berskala besar, selain itu juga banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi android, aplikasi desktop, dan lain-lain.



Framework Java populer: Spring, Struts, Hibernate, dll.
Perusahaan yang menggunakan Java: Airbnb, Slack, Amazon

4. Go

Apakah Go bahasa pemrograman yang populer? Menurut survey StackOverflow terbaru, Go masuk dalam 10 besar bahasa pemrograman yang dicintai oleh para developer. Serta masuk dalam 5 besar bahasa pemrograman yang ingin dipelajari oleh para developer.


Go diciptakan di Google. Go sendiri memiliki sintaks yang mirip dengan bahasa C. Go membuat developer bisa membangun aplikasi web yang scalable dan secure. Go juga didukung oleh library-library standar yang powerful.

Framework Go Populer: Martini, Gin Gonic, Goji, dll.
Perusahaan yang menggunakan Go: Dailymotion, Soundcloud, Twitch

Nah, kita sudah sampai pada akhir artikel nih, teman-teman. Apakah dari daftar diatas teman-teman ada yang sudah pernah mencobanya? Jangan lupa sampaikan di komentar ya! Selamat mencoba dan semoga semuanya sehat selalu! Ciao!

https://hackr.io/blog/best-programming-languages-to-learn-2021-jobs-future
https://blog.back4app.com/best-backend-language/
https://steelkiwi.com/blog/top-10-python-web-frameworks-to-learn/
https://www.techmagic.co/blog/companies-that-use-node-js-for-backend-how-do-big-players-benefit-from-it/
https://learn.onemonth.com/10-famous-websites-built-using-python/
https://hackr.io/blog/java-frameworks
https://stackshare.io/java
https://www.agiratech.com/companies-using-golang
https://medium.com/devtechtoday/top-7-golang-web-frameworks-in-2020-and-beyond-9ca2a89eb904

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama