Go (aka. Golang): Hello, World!

 

Halo teman-teman semua! Apa kabar? Sudah lama tidak berjumpa! Saatnya kita kembali lagi bersama Golang!!!

Sebelumnya, kita udah belajar mengenai instalasi Go di komputer kita. Jika teman-teman belum meng-install Go, silakan kunjungi Go (aka. Golang): Perkenalan dan Instalasi.

Kali ini, kita akan coba untuk membuat program Hello, World! pada Go. Sudah siap? Ayo ikut!!!


Siapkan Folder Project

Hal yang harus kita siapkan pertama kali adalah sebuah folder project, yang akan kita isi dengan source code kita nantinya. Untuk project pertama ini, kita beri nama 'Hello'. Jadi, buat sebuah folder dengan nama Hello. Selanjutnya, buka folder dengan teks editor kesayangan kalian!

Aktifkan Dependency Tracking

Dependency Tracking diperlukan ketika kode yang kita gunakan membutuhkan package yang berada pada module lain. Kita akan bahas lebih lanjut mengenai hal ini pada tutorial selanjutnya, ya! Untuk mengaktifkan dependency tracking, kita akan menuliskan perintah berikut pada terminal teks editor kalian. (Contoh dibawah menggunakan terminal pada teks editor VSCode)


Siapkan file hello.go

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah file, beri nama hello.go. Lalu, isi dengan kode berikut



Sudah? Nah, apa aja sih maksud dari kode diatas?

Pada baris pertama, kode yang ditulis adalah package main, artinya kita mendeklarasi sebuah package yang diberi nama main. Package adalah cara untuk men-group function-function. Kita akan bahas lebih lanjut di tutorial lain ya!

Baris selanjutnya, import "fmt", pada baris ini kita mengimpor package fmt. Package fmt berisi function-function untuk memformat teks. Termasuk didalamnya adalah function untuk mencetak teks. Package fmt adalah salah satu package standar yang langsung ter-install ketika kita menginstall Go.

Bagian selanjutnya adalah implementasi function main untuk mencetak tulisan ke terminal/console. Function main akan otomatis dieksekusi ketika kita menjalankan package main.

Jalankan kode

Gunakan perintah berikut pada terminal untuk menjalankan kode diatas, dan lihat hasilnya!


Yeay! Program go pertama kita sudah berhasil! 

Sekian artikel kali ini, tunggu tutorial-tutorial Go maupun pemrograman lain hanya di blog Tips Ngoding! Happy Coding!

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama