6 Kursus GRATIS dari Udemy untuk Meningkatkan Skill Kamu




Udemy adalah salah satu penyedia kursus gratis yang mayoritas bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Namun kebanyakan kursus adalah berbayar, tidak sedikit Udemy memberikan juga kursus gratis dengan kualitas yang baik dan tidak kalah bagus dari yang berbayar.

Berikut ini tips ngoding telah mengumpulkan berbagai kursus gratis seputar IT dan pemrograman di Udemy, yang bisa kamu coba. Cukup membuat akun udemy dan menyelesaikan kursus, kamu dapat ilmu,  dan juga sertifikat.

1. Pengenalan Sistem Operasi untuk Pemula

Materi sistem operasi ini belajar tentang gambaran sistem komputer, definisi sistem operasi, manajemen proses, manajemen memori, manajemen perangkat input atau output, manajemen file, algoritma penjadwalan pekerjaan, deadlock dan algoritma pencegahan, manajemen memori, memori virtual, dan keamanan. Pada akhir pelajaran ini, pelajar akan memahami tentang bagaimana proses sistem operasi dijalankan, memahami manajemen input/output dan files, memahami manajemen memori dan keamanan sistem operasi

Yang akan dipelajari :

1. Pelajar dapat memahami proses multiprosesor dan menanamkan sistem, threads, concurrency dan deadlock dalam sistem operasi

2. Pelajar dapat memahami manajemen file dan I/O

3. Pelajar dapat memahami memori dan keamanan sistem operasi

Link : Kursus Gratis Pengenalan Sistem Informasi 

2. Information Sysrem Analysis and Design

Analysis and Design of Information Systems offers some methodologies and modeling techniques for the development of information systems. Learning uses an object-oriented approach. This material provides basic knowledge for students about the process of analyzing and designing the system using object oriented approach. At the end of this course, Students understand the system and definition as well as the ability of an analyst system as a problem solver, can know the definition of the requirements, the types, the characteristics of the techniques in collecting system requirements, understand the use case definition, know the steps in determining the use case, know the notation in usecase usage and able to make use case diagram, know the types of model used for modeling requirements and the linkage between the model and understand and analyze several Case Studies and find the solution.

Yang akan dipelajari :

1. Understand the definition of the analyst system and the workings of the analyst system as a problem solver

2. Know the concept of modeling tools and able to use it according to requirement to the needs of the user

3. Create Domain models and their descriptions to describe data storing needed by the system

Link : Kursus Gratis Information Sysrem Analysis and Design

3.  Pengantar Keamanan Web untuk Pemula

Materi yang disampaikan berupa pengenalan terhadap dasar-dasar aplikasi web, cara menyerang yang biasa dilakukan, tanda-tanda terjadinya serangan dan cara menanggulangi serangan, durasi untuk menyelesaikan sekitar 120 Menit dan Student yang mengambil course ini dapat mempraktekkan serangan-serangan dasar pada web yang biasa dilakukan dengan target dummy yang sudah disediakan. 

Materi pada course ini akan dibagi menjadi 3 section:

1. Environment Setup dan Pengantar Keamanan Web

2. Eksploitasi Sisi Klien

3. Eksploitasi Server dan Database

Yang akan dipelajari :

Student akan mempelajari dasar-dasar aplikasi web, cara menyerang yang biasa dilakukan, tanda-tanda terjadinya serangan dan cara menanggulangi serangan

Link : Kursus Gratis Pengantar Keamanan Web Pemula 

4. Web Programming Untuk Pemula

Materi Pemrograman Web memberikan panduan bagaimana cara merancang dan mengembangkan situs web statis dan dinamis. Materi ini menjelaskan konsep pemrograman web dengan PHP, HTML, CSS secara umum dan memandu pelajar untuk membuat aplikasi web dinamis. Materi ini juga merupakan Subyek Proyek Bisnis-kewirausahaan yang melekat. Ini juga menjelaskan konsep kewirausahaan dan bisnis yang terkait dengan bidang Ilmu Komputer.

Yang akan dipelajari :

1. Pelajar dapat mendesain sebuah web yang dinamis maupun statis

2. Pelajar dapat membangun sebuah web yang dinamis maupun statis

Link : Kursus Gratis Web Programming untuk Pemula 

5. Komponen Dasar Jaringan Komputer 

Course Pemrograman Web memaparkan komponen-komponen dasar jaringan yang memungkinkan jaringan perusahaan saling berkomunikasi yang diawali dengan gambaran umum komunikasi data dan dilanjutkan dengan arsitektur jaringan TCP / IP, mulai dari fisik lapisan hingga aplikasi lapisan dan terakhir aspek keamanan. Ini memberi siswa pengetahuan tentang bagaimana jaringan perusahaan bekerja dan berkomunikasi dengan jaringan lain. Course ini terkait dengan semua coursejaringan.

Yang akan dipelajari :

1. Student akan mempelajari tentang arsitektur jaringan, komponen jaringan dan penggunaan alamat IP dilingkungan jaringan

2. Student akan mempelajari subnetting dan koneksi jaringan

3. Student akan mempelajari tentang layanan jaringan, kemanan dan cara kerja jaringan di perusahaan

Link : Kursus Gratis Komponen Dasar Jaringan Komputer 

6. Pemograman PHP

Salah satu syarat untuk menjadi seorang developer website atau programmer web adalah: menguasai PHP.

PHP adalah bahasa pemrograman penting yang wajib dikuasai setelah kamu mengerti apa itu HTML dan CSS. Sebab tanpa PHP, website yang kamu buat nggak bisa 'ngapa-ngapain' (tidak interaktif, statis, dan sebagainya). Jadi kalau kamu mau bikin blog, toko online, dan lain sebagainya, maka dasar untuk itu semua adalah menguasai PHP.

Nah, video course ini yang paling bersahabat untuk nemenin kamu mempelajari PHP. Mengapa bersahabat? Karena dibuat untuk para pemula dengan penjelasan yang ringan, sederhana, sekaligus dilengkapi Quiz untuk menguji pengetahuan kamu setelah menonton video course ini.

Jadi jangan tunda lagi! Ayo belajar PHP melalui video course ini dan lanjutkan level pemrogramanmu ke level berikutnya!

Yang akan dipelajari :

1. Pemrograman PHP

2. Menginstall PHP dan server

3. Mengenal aturan dasar PHP

4. Variabel, Operator, dan Konstanta

5. Pembuatan logika IF

6. Perulangan kode program

7. Pembuatan fungsi


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama