Beragam Tools Open Source Untuk Kamu Para Designers!

 

Sumber: Freepik

Pada zaman modern ini, banyak sekali bertebaran software-software yang mendukung pekerjaan kamu sebagai designer. Software open source banyak digemari karena gratis, dan memiliki komunitas yang sangat suportif yang tersebar di seluruh dunia. Kali ini, Tips Ngoding mau share beragam tools open source yang bisa membantu kamu sebagai seorang designers!

1. Krita

Krita merupakan software desain open source powerful yang berfokus untuk membuat digital painting dan ilustrasi. Krita merupakan tools gratis yang juga menyediakan beragam template menarik dan banyak fitur pendukung. Biasanya, Krita banyak digunakan untuk mendesain komik.


Untuk mengunduh Krita, silakan kunjungi link berikut ya!


2. FontForge

FontForge adalah tools untuk mendesain font kamu sendiri. Kamu bisa membuat font dengan jenis open-type, postscript, maupun true-type


Untuk mengunduh FontForge, silakan kunjungi link berikut ya!


3. InkScape

Untuk yang satu ini, kayaknya kamu udah familiar, ya? Nah, InkScape ini banyak dibilang mirip dengan Corel Draw maupun Adobe Illustrator. InkScape juga salah satu tools gratis yang powerful yang bisa kamu gunakan. Format file default dari InkScape adalah Scalable Vector Graphics (SVG).


Untuk mengunduh InkScape, silakan kunjungi link berikut ya!


4. Synfig Studio

Synfig Studio adalah software animasi 2D yang dikembangkan oleh Robert Quattlebaum. Synfig Studio adalah software vector-based gratis dan open source. Kamu bisa memilih diantara dua versi aplikasi, yaitu stable dan development. Versi stable merupakan versi yang sudah di tes secara menyeluruh dan semua fitur yang tersedia dapat dipakai dengan baik. Sedangkan versi development merupakan versi rilis terbaru yang memiliki fitur-fitur yang baru dikembangkan dan terkadang masih memiliki bug.


Silakan klik link berikut untuk mengunduh Synfig Studio!


5. GIMP

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah salah satu software open-source populer untuk desain grafis dan editing foto. GIMP memiliki layout yang mirip dengan Adobe Photoshop. GIMP merupakan pilihan ideal untuk pemula maupun professional yang ingin menggunakan software editing foto gratis dan hampir mirip dengan Photoshop. 


Mau cobain GIMP? Yuk klik link berikut!


Nah, itu dia beberapa tools yang bisa kamu gunakan nih, designers! Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu! 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama