Coba Cara Berikut Untuk Belajar Coding Lebih Cepat

 

desktop notebook with smartphone
Coding merupakan salah satu skill yang sedang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Jika kita ingin belajar coding, kita bisa pelajari skill tersebut dimana saja tanpa harus mengikuti pendidikan formal seperti perkuliahan.

Belajar coding memang menantang dan butuh usaha untuk menguasainya. Untuk kalian yang sedang belajar coding, ayo coba tips atau cara berikut untuk belajar  coding lebih cepat!

coding

1. Pahami Konsep Dasar
Sebelum mulai terjun ke berbagai bahasa pemrograman, kamu bisa mulai dari mempelajari berbagai konsep dasar pada pemrograman, seperti:
  • Tools, berbagai peralatan maupun program yang dibutuhkan sebelum memulai coding
  • Basic Syntax, yaitu kode atau sintaks dasar pada bahasa yang kamu pilih (mengenal variable, tipe data, struktur kontrol (if-else statement), looping, dll.)
2. Pilih Salah Satu Bahasa Sebagai Fokus
Belajar coding akan lebih cepat jika kamu mulai dengan fokus pada satu bahasa dulu, guys. Setelah kamu paham dengan konsep dasar, kamu bisa mulai memikirkan goals yang akan kamu capai dengan belajar coding. 

Misalnya, kamu ingin menjadi seorang Web Developer, kamu bisa pelajari bahasa pemrograman PHP, Python atau JavaScript.

Kalau kamu ingin menjadi pengembang aplikasi mobile (aplikasi untuk smartphone), kamu bisa pelajari bahasa Swift (untuk aplikasi iOS) dan bahasa Java atau Kotlin untuk mengembangkan aplikasi Android.

3. Latihan Dengan Studi Kasus
Kamu bisa mulai membuat aplikasi-aplikasi dengan skala kecil atau sederhana untuk melatih kamu menggunakan bahasa pemrograman pilihan kamu. Bisa dengan membuat aplikasi to-do list, membuat kalkulator sederhana, dll.

Sekian dulu beberapa tips cepat belajar coding dari Tips Ngoding ya guys! Tetap semangat belajar!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama