Belajar Java 03: Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Java

 

Hallo sahabat tips ngoding pada artikel ini kita masuk ke Belajar Java 03, pada artikel Belajar Java 02: Persiapan Pemrograman Java kita sudah membahas tools atau alat perang kita dalam belajar bahasa pemrograman java. 

Pada artikel ini kita akan mempelajari Struktur dan Aturan Sintaks pada java. pada bahasa pemrograman java memiliki beberapa struktur dan aturan-aturan sintaks dalam penulisan codding nya.

yuuk guys apa saja struktur dan aturan sintaks pada java kita akan ulas pada artikel ini

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Java

Secara umum struktur bahasa pemrograman java dibagi menjadi 4 bagian:

         1. Deklarasi Package

         2. Import Library

         3. Class

         4. Method main

Berikut contoh struktur bahasa pemrograman java

package com.tipsngoding; //<- 1. Deklarasi Package
import java.util.Scanner; //<- Import Library
public class Main { //<- Class

public static void main(String[] args) { //<- Method Main
System.out.println("Hallo sahabat Tips Ngoding");
}
}

Berikut penjelasan dari coddingan diatas:

1. Deklarasi Package

Package merupakan sebuah folder yang berisi sekumpulan program java. Deklarasi package biasanya dilakukan saat membuat program. Berikut contoh deklarasi package:

package com.tipsngoding;

Deklarasi package harus diletakkan pada bagian paling awal (sebelum deklarasi import) dari source code setiap kelas yang dibungkus package tersebut.
Syarat nama package :
    1. Diawali huruf kecil
    2. Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
    3. Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
    4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
    5. Harus sama dengan nama direktorinya.

2. Import Library

Pada bagian ini merupakan import library-library yang dibutuhkan pada program.  Library adalah sekumpulan package atau koleksi kelas yang telah disediakan oleh Java. Untuk menggunakan Library dalam java kita menggunakan syntax import.

Syntax import digunakan untuk mengimport/memasukan method-method dari class/library yang lain, sehingga method tersebut dapat digunakan pada class yang memanggilnya. Fungsi ini harus diletakan pada baris awal program.

3. Class

Class adalah entitas yang menggambarkan keadaan dan prilaku dari objek. artinya, class adalah cetakan yang berisi serangkaian perintah untuk membangun jenis objek tertentu.

Class juga bisa diartikan sebagai sekelompok objek yang memiliki sifat umum. sebuah class bisa memiliki salah satu dari jenis variable seperti variabel lokal, variabel instance dan variabel kelas. Class akan mendeklarasikan tipe data baru dan dijalankan sebagai cetakan, dimana model dari objek yang dibuat berdasarkan tipe data tersebut.

public class Main { //<- Class

public static void main(String[] args) { //<- Method Main
System.out.println("Hallo sahabat Tips Ngoding");
}
}

 Diatas merupakan blok class. Blok class dibuka dengan kurung kurawal { dan diakhiri dengan }. Pada blok class, kita dapat mengisinya dengan method, fungsi maupun variabel. pada contoh diatas terdapat method main().

4. Method Main

Merhod main() merupakan blok program yang akan dieksekusi pertama kali. method main() harus dibuat. Jika method main(). tidak ada, maka programnya tidak bisa dieksekusi. berikut contoh dari method main() :

public static void main(String[] args) { //<- Method Main
System.out.println("Hallo sahabat Tips Ngoding");
}

Merhod main memiliki args[ ]. Parameter ini akan menyimpan sebuah nilai dari argumen. Pada method main(), terdapat statement atau suatu fungsi

System.out.println("Hallo sahabat Tips Ngoding");

Coddingan diatas merupakan sintaks untuk menampilkan output dari sebuah program. setiap statement pada java harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Itulah beberapa struktur dasar bahasa pemrograman java yang harus diketahui dan dipahami.

Sumber:

http://fajarbaskoro.blogspot.com

https://halimi1010.wordpress.com/



Demikian penjelasan di pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan diri pribadi. Jika ada yang ingin di tanyakan langsung letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama