Belajar Pemrograman PHP Bagian 3: Tipe Data


Sumber: Freepik

Hai hai hai! Apa kabar semuanya? Kali ini kita bakal belajar tentang tipe data pada PHP. Apa itu tipe data? Apa aja tipe data yang ada di PHP? Yuk lanjut!

Tipe data merupakan jenis data atau bentuk data. Apakah data tersebut berupa angka? bilangan desimal? atau data berbentuk karakter seperti nama atau tempat lahir? Intinya, tipe data itu jenis data yang akan kita simpan di dalam variabel.

PHP mensupport 10 tipe data yang terdiri dari tipe data skalar, compound, dan tipe data spesial. Namun, pada artikel kali ini, kita akan membahas tipe data dasar yang sering digunakan, yaitu Integer, Float, Boolean, String, dan Array.

Integer

Integer digunakan ketika kita akan menyimpan data bilangan bulat. Pada contoh kode berikut, kita akan membuat variabel dan mengisi nilai variabel dengan data integer, kemudian kita mencetak variabel tersebut dengan perintah echo  dan kita bisa mengecek tipe data dari variabel yang kita buat dengan perintah var_dump.


Kamu bisa uji coba kode diatas melalui terminal. Lihat gambar berikut!



Float

Tipe data selanjutnya yaitu Float. Float merupakan tipe data untuk bilangan desimal (bilangan berkoma). Cek contoh kode berikut!


Lihat gambar berikut untuk cek hasil uji coba kode diatas.


Boolean

Boolean merupakan tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true dan false, atau 0 dan 1. Tipe data boolean biasa digunakan untuk memeriksa kebenaran dari suatu nilai. Cek contoh berikut.


Lihat gambar berikut untuk cek hasil uji coba kode diatas.


String

Tipe data string digunakan untuk menyimpan teks. Pada PHP, string ditandai dengan adanya tanda kutip satu ( ' ) maupun kutip dua ( " ). Perhatikan contoh berikut.


Lihat gambar berikut untuk cek hasil uji coba kode diatas.


Array

Sekarang kita akan mengenal Array. Array merupakan tipe data yang bisa kita gunakan untuk menyimpan banyak data. Array bisa dideklarasi dengan menggunakan kata kunci array atau kamu bisa gunakan tanda kurung siku [ ]. Urutan pada Array dimulai dari 0. Perhatikan contoh berikut agar lebih mengerti.


Lihat gambar berikut untuk cek hasil uji coba kode diatas.


Yeay, kamu sudah mengenal 5 jenis tipe data pada PHP. Kamu bisa mengenal lebih banyak tipe data dengan mengunjungi link-link berikut. Selamat belajar!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama