Laragon, Tools Pengembangan Aplikasi Yang Powerful!


Kenalan dengan Laragon

Laragon merupakan universal development environment alias aplikasi yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk kita dalam membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP, Node.JS, Python, Java, Go, dan Ruby. Laragon sangat ringan, dalam menjalankan laragon, kita hanya butuh RAM sebesar 4 MB.

Fitur

  • Pretty Url
    Atur URL kamu sendiri untuk akses project. (contoh: http://aplikasi.test)
  • Portable
    Kamu bisa pindahkan hasil instalasi Laragon ke folder mana saja
  • Isolated
    Laragon memiliki environment yang berbeda, tidak bergabung dengan OS. 
  • Easy Operation
    Fitur ini memudahkan kamu untuk mengganti versi-versi aplikasi (misal, mengganti versi bahasa PHP hanya dengan beberapa klik)
  • Modern & Powerful
    Laragon hadir dengan arsitektur yang modern, sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan aplikasi web modern. Sebagai contoh, kamu bisa install Apache dan Nginx (web server) sekaligus, instalasi CMS Wordpress hanya dengan sekali klik, menunjukkan project kepada customer dengan sekali klik, dan lain-lain.

Instalasi Laragon

Kunjungi link berikut.


Kamu akan diminta untuk memilih edisi Laragon yang kamu butuhkan. Ada versi full (terdiri dari Apache, Nginx, MySQL, PHP, Redis, Memcached, dan lain-lain). Atau kamu bisa pilih versi Portable, versi ini cukup untuk kamu yang ingin memulai mengembangkan aplikasi web dengan bahasa pemrograman PHP.

Setelah kamu selesai men-download, silakan buka Laragon dan klik next, next, dan next, haha

Jendela awal instalasi. Klik next saja.
Sebelum next, coba lihat dulu. Mau install laragon dimana? Mungkin bisa coba opsi lain seperti di drive D: atau E:
Jendela instalasi terakhir, pilih apakah kamu perlu membuka laragon secara otomatis ketika komputer dinyalakan, pilih apakah perlu menggunakan pretty url, dan pilih apakah perlu menginstall Notepad++ dan Terminal lalu mengakses keduanya melalui klik kanan pada file.

Memulai Laragon

Sudah selesai instalasi? Buka Laragon lalu klik saja tombol Start. Nanti akan terlihat mirip seperti gambar berikut.


Nah, Laragon udah jalan. Kamu bisa coba akses di http://localhost.

Well, kayaknya artikel kali ini cukup sampai disini dulu ya, guys! Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar, ya! Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu! Klik aja tombol yang ada dibawah artikel, hehe. Terimakasih banyak, sampai jumpa kembali.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama